Aplikabisnis

9 Alasan Mengapa Bisnis Bermigrasi Ke Cloud Pada Tahun 2021

Sejak munculnya komputasi awan sekitar dua dekade lalu, bisnis dari semua skala, geografi, dan industri beralih ke teknologi untuk mendorong pertumbuhan, produktivitas, dan keuntungan. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh keterbatasan infrastruktur TI tradisional dan manfaat yang ditawarkan migrasi ke cloud untuk UKM dan bisnis skala besar.

Jenis arsitektur cloud

Untuk migrasi ke cloud, ada tiga model arsitektur yang dapat dipilih:

  1. Cloud pribadi:

Dalam model arsitektur ini, infrastruktur didedikasikan untuk satu klien, yang berarti semua sumber daya dibagikan secara internal. Keuntungan terbesar adalah memungkinkan tingkat keamanan yang tinggi dan rasa kepemilikan penuh.

  1. Cloud publik:

Cloud publik diwakili oleh penyedia layanan cloud pihak ketiga yang menawarkan layanan kepada jutaan pelanggan. Daya tarik utamanya adalah sumber daya komputasi yang hemat biaya.

  1. Cloud hybrid:

Model ini menawarkan keamanan tinggi yang terkait dengan cloud pribadi dan hemat biaya yang ditawarkan cloud publik.

Jenis infrastruktur paling populer saat ini adalah cloud publik. Saat Anda bermigrasi ke AWS, Azure, atau GCP, arsitektur ini menawarkan opsi fleksibel yang memungkinkan Anda membayar hanya untuk layanan yang Anda butuhkan sambil menikmati keamanan data yang tinggi.

 

Mengapa bisnis bermigrasi ke cloud?

Jika Anda bertanya-tanya mengapa bisnis berbondong-bondong bermigrasi ke cloud, berikut beberapa alasan utamanya:

Efektivitas biaya

Mungkin, alasan paling signifikan bagi bisnis untuk bermigrasi ke cloud pada tahun 2021 adalah pengurangan biaya yang ditawarkannya. Dengan migrasi cloud, perusahaan tidak perlu mencurahkan sebagian besar alokasi anggaran mereka untuk menyiapkan, mengelola, dan meningkatkan sistem TI mereka. Ini secara drastis mengurangi biaya CaPex.

Migrasi on-premise ke cloud berarti bahwa tidak perlu khawatir tentang biaya menjalankan infrastruktur TI mereka sendiri, yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, energi, ruang, personel, dan lainnya. Biaya ini akan ditransfer ke penyedia layanan sementara Anda hanya membayar layanan yang Anda butuhkan saat ini.

Skalabilitas instan

Memiliki dan mengoperasikan pusat data Anda sendiri hadir dengan berbagai tantangan dan salah satunya adalah Anda membuat rencana yang rumit saat Anda perlu memperluas operasi bisnis Anda. Anda perlu membeli, menginstal, dan mengkonfigurasi server baru, dan juga mempekerjakan staf baru untuk menangani beban kerja yang meningkat. Ini membuatnya sulit untuk ditingkatkan. Dengan cloud, skalabilitas tidak lagi menjadi masalah karena Anda dapat menaikkan atau menurunkan skala dalam sekejap tanpa harus memperkirakan berapa banyak server yang Anda butuhkan. Dengan cara ini, cloud memberikan peningkatan kelincahan dan sumber daya yang hemat biaya.

Keunggulan kompetitif

Memang, beberapa bisnis enggan bermigrasi ke cloud karena alasan yang berbeda, setidaknya belum. Meskipun itu keputusan yang harus mereka buat, bisnis yang memilih untuk menyimpan segala sesuatu secara lokal menempatkan diri mereka pada posisi yang sangat merugikan karena mereka akan kesulitan untuk bersaing dengan bisnis yang telah bermigrasi ke cloud. Bisnis yang menerapkan solusi berbasis cloud menemukan bahwa banyak manfaat yang ditawarkan cloud berdampak positif pada bisnis mereka. Jika Anda ingin menjadi yang terdepan dari pesaing Anda, migrasi cloud adalah langkah yang tepat.

Ketersediaan tinggi

Kegagalan server adalah salah satu mimpi buruk terbesar dari bisnis apa pun, karena itu berarti operasi akan terhenti. Bisnis yang menjalankan infrastruktur TI di tempat sangat berisiko mengalami downtime, dan kembali online dapat menjadi tantangan dan bahkan menjadi proses yang bertele-tele. Manfaat menggunakan cloud dalam hal ini adalah menghilangkan risiko kegagalan server karena cloud dirancang untuk memberikan kinerja yang dapat diprediksi dan konsisten dengan uptime yang terjamin 100 persen. Dengan cara ini, cloud memastikan kelangsungan bisnis meskipun ada tantangan yang tidak terduga.

Performa secepat kilat

Ada beberapa hal yang merugikan bisnis seperti kinerja yang lambat, yang biasanya disebabkan oleh penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak usang. Sebaliknya, cloud menawarkan kinerja yang cepat, yang dapat dikaitkan dengan penggunaan server yang kuat dengan teknologi seperti CPU dan drive SSD super cepat. Karena penyedia layanan memiliki server yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan bisnis, beban dapat didistribusikan sehingga tidak ada satu server pun yang mengalami masalah kinerja, sehingga memastikan bahwa kinerja dioptimalkan secara konsisten.

Peningkatan keamanan

Salah satu kesalahpahaman yang dimiliki banyak organisasi tentang migrasi cloud adalah bahwa ini adalah langkah berisiko karena cloud tidak seaman infrastruktur TI di lokasi. Namun, anggapan itu salah karena cloud menawarkan keamanan yang lebih baik karena penyedia diharuskan untuk mematuhi peraturan yang ketat dan standar industri untuk memastikan perlindungan data. Contoh tindakan yang dilakukan untuk mencegah akses tidak sah ke data Anda termasuk penggunaan firewall yang kuat, autentikasi dua faktor, enkripsi tingkat lanjut, perlindungan virus in-flow, dll. Anda bahkan dapat memilih untuk mengadopsi pendekatan infrastruktur multi-cloud untuk mencegah kehilangan data.

Fleksibilitas dan mobilitas

Alasan lain untuk merangkul produk migrasi cloud adalah karena mereka mengubah cara kerja karyawan. Karena cloud adalah teknologi berbasis Internet, tim Anda dapat bekerja baik di dalam maupun di luar tempat kerja. Cloud memungkinkan akses ke sistem dan data penting dari mana saja dari perangkat seluler seperti smartphone dan laptop. Ini memungkinkan staf Anda untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dalam proyek dari lokasi yang berbeda. Anda juga dapat menggunakan cloud untuk memberi kontraktor dan pihak ketiga akses ke data yang sama.

Pemulihan bencana dan solusi pencadangan

Mesin fisik sulit untuk dicadangkan dan dipulihkan. Jika Anda ingin memiliki solusi pemulihan bencana, Anda harus memiliki beberapa sumber daya cadangan yang tersedia kapan saja untuk failover. Dengan cloud publik, Anda cukup membayar perangkat lunak DR dan menjalankan failover dengan mengambil lebih banyak instance di cloud publik.

Wawasan

Seperti pepatah lama mengatakan, “pengetahuan adalah kekuatan.” Perusahaan yang ingin tetap menguntungkan dan tetap kompetitif di dunia bisnis saat ini harus memanfaatkan data dalam jumlah besar tentang pelanggan mereka. Meskipun banyak bisnis memiliki jutaan bit data yang mereka miliki, mereka tidak dapat memproses dan menindaklanjutinya karena tidak memiliki teknologi yang diperlukan.

 

Kesimpulan

Saat ini, banyak bisnis yang memindahkan datanya ke cloud karena banyaknya manfaat yang ditawarkan untuk kelancaran operasi bisnis. Meskipun migrasi cloud menawarkan banyak manfaat bagi bisnis, prosesnya bisa sangat rumit dan membutuhkan strategi migrasi cloud yang terperinci. Jadi, Anda harus memilih perusahaan yang tepat untuk migrasi cloud Anda.

  • Nick Smirnov, FinOps and digital transformation enthusiast, CEO at Hystax

 

Sumber: https://hystax.com/9-reasons-why-businesses-migrate-to-the-cloud-in-2021/

 

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top